AHM Best Student 2019 Apresiasi Entrepreneur Kreatif Millenial

Kreativitas dalam merintis dan mengembangkan usaha menjadi salah satu kunci awal sukses berwirausaha di era millenial. Berangkat dari hal ini, PT Astra Honda Motor (AHM) menyeleksi dan membina 25 siswa setingkat SMA sebagaientrepreneur kreatif muda, cerdas, dan menginspirasi melalui rangkaian AHM Best Student (AHMBS) 2019.

Setelah melewati seleksi ketat di masing-masing daerah, 25 siswa yang terseleksi dari 411 peserta yang tersebar di 222 sekolah di Indonesia ini menjalani seleksi final yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (25/7). Didukung jaringan main dealer sepeda motor Honda, para pebisnis millennial ini beradu kreativitas bisnis di tengah komitmen mereka menimba berbagai ilmu sekolah masing-masing, Tahun ini menjadi semakin special seiring diselenggarakannya program Alumni Berbagi Ilmu yang dilakukanoleh 48 alumni AHMBS kepada para peserta.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-17, AHMBS 2019 mengusung tema “Creativepreneur Gen Millenial”. Identitas ini mengakan AHMBS sebagai kegiatan yang sangat kompetitif dengan peserta terbaik, yakni wirausaha kreatif yang lahir dari generasi millennial dan memiliki karakter khas, yaitu kreatif, percaya diri, serta akrab dengan teknologi media sosial.

Hasil karya yanglolos menuju seleksi nasional menjadi bukti kreativitas yang semakin meningkat di kalangan millenial. Hasil karya peserta AHMBS nasional beragam meliputi berbagai bidang, baik kuliner, pengoalahan limbah, agrobisnis, kecantikan, kesehatan, hingga Jasa.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kreativitas dan generasi millenial merupakan aset yang dapat berkontribusi positif untuk masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia . Melalui kompetisi AHMBS, Honda terus menjaga komitmennya dalam mendukung kreativitas siswa SMA yang menjalankan bisnis dengan manfaat luas untuk masyarakat sekitarnya.

”Honda selalu berkomitmen untuk dapat memberikan kontibusi kepada bangsa Indonesia. Dalam bidang pendidikan, kami memberikan wadah berkarya bagi para entrepreneur millenial kreatif  sebagai bentuk atas kegigihan mereka dalam membangun usaha.  ,” ujar Muhibbuddin.

Sementara itu Leo Wijaya, Direktur PT  Indako Trading Coy mengungkapkan, sangat bersyukur putra Sumut M Irfan Arya Afandi yang berasal dari SMA CT Foundation berhasil meraih prestasi sebagai Runner Up 3. Pihaknya juga berharap, program  AHMBS dapat melahirkan jutaan pengusaha muda kreatif dan mandiri yang akan memajukan  perekonomian masyarakat di berbagai bidang.  ” Kami juga berharap prestasi M Irfan Arya Afandi dapat menginspirasi generasi muda Sumut lainnya agar lebih berani mengejar mimpi, ” ujarnya.

Dalam proses penjurian final di Jakarta, karya 25 siswa terbaik diverifikasi tim Honda bersama PPM School of Management. Semua siswa wajib melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Penilaian juri meliputi beragam aspek, yaitu kegigihan dalammengembangkan usaha bisnsis, kreativitas dan inovasi bisnis, kinerja bisnis, pemanfaatan media social sebagai saranapemasaran, prospek bisnis di masa dating dan kemampuan memaparkan bisnisnya di hadapan dewan juri. .

Setelah melalui tahapan seleksi baik paper dan presentasi, terpilih 6 orang siswa peserta AHMBS, lima siswa terbaik hasil dariseleksi dan satu siswa yang memiliki video produk terbaik, untuk maju ketahap terakhir yaitu presentasi final di hadapan dewanjuri dan disaksikan oleh para peserta lain.  Pada tahapan inilah para dewanjuri berdiskusi panjang sebelum akhirnya memutuskan pemenang dari AHMBS 2019.

 

Berhadiah Honda BeAT

 

Untuk hasil karya terbaik dari AHMBS 2019, Honda memberikan apresiasi dalam bentuk hadiah 1 unit motor Honda BeAT eSP.Sesuai dengan filosofi perusahaan, Honda berharap sepeda motor ini dapat mengantarkan pemenang AHMBS untuk mengejarmimpi-mimpi selanjutnya. Selain itu, semua finalis yang menempati posisi enam besar mendapatkan hadiah masing-masing berupa gadget untuk mendukung operasional bisnisnya dan tambahan beasiswa.

Semua peserta finalis AHMBS 2019 yang masuk dalam babak final (25 siswa) juga ebrhak mendapatkan beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp 54 juta.

AHMBS 2019 turut didukung oleh Yayasan  dan juga anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia

Kategori Pemenang AsalSekolah Main Dealer Tema
Best of The Best Rizal Alamsyah SMKN 1 Batealit Asmo Jateng Olahan Terasiberteknologi Osmosis
Runner Up 1 Elsi Maireski SMAN 1 Sitiung Hayati Corn Threser
Runner Up 2 Muhammad Akmal Ganesha SMKS 16 FarmasiBhaktinusa Asmo Bengkulu Kalfresh Minyak AnginAromateraphy
Runner Up 3 M. Irfan Arya Afandi SMA CT Foundation ITC Artocarpus Yoghurt & Cookies
Runner Up 4 Gilang Wibisono SMK MuhammadiyahKutowinangung AsmoJogja Wayang Karet Talang Air
Runner Up 5 Doni Wahyudi SMK Kartini CDN Kepri Xiarow untuk Gen Millenials