Jelang  Tahun Baru, Honda Bekali Tips Liburan Aman dengan Motor

Moment penutup tahun untuk menyambut tahun yang baru kerap menjadi saat yang paling dtunggu-tunggu. Bagi sebagian orang, ini merupakan waktu yang paling tepat untuk pergi berlibur menghabiskan waktu bersama keluarga maupun sahabat setelah setahun menjalankan aktivitas seperti bekerja maupun sekolah.

 

Liburan sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti backpacker maupun melalui agen wisata. Tidak hanya menggunakan kendaraan umum seperti kereta api, bus, ataupun mobil, namun tidak sedikit orang memilih motor sebagai sarana transportasi berlibur. Selain lebih hemat, melakukan perjalanan dengan sepeda motor juga memiliki banyak kelebihan, seperti gerak-gerik yang cepat, bermanuver di jalan raya dengan lincah, hingga lebih cepat sampai di tempat tujuan.

 

Agar tercipta perjalanan liburan yang tetap nyaman dan menyenangkan, termasuk saat menerabas kemacetan yang kerap membuat stres, maka PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) akan menginformasikan sejumlah tips berlibur aman dengan motor yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para pecinta setianya.

 

Pertama, memahami peran motor sebagai alat transportasi yang efektif dipakai oleh 2 orang dewasa ditambah bawaan maksimal 30 kg. Untuk mengendarai motor juga ada syarat yang harus dipenuhi antara lain, pengemudi harus memiliki SIM C, STNK, pengetahuan terkait peraturan lalu lintas, dan keahlian berkendara yang baik.

 

Kedua, Memastikan kondisi motor merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai liburan. Mulai dari dari mesin, rem depan belakang, gas, tekanan ban, kelistrikan, ketegangan rantai, dan komponen keselamatan lainnya. Akan lebih baik jika melakukan pengecekan langsung di bengkel resmi untuk menghindari kesalahan.

 

Ketiga, mengenakan perlengkapan berkendara lengkap guna mendukung kemanan selama berkendara. Hal ini dapat dimulai dengan menggunakan helm SNI, jaket berkualitas baik, celana panjang, sepatu dan sarung tangan. Apabila ingin berlibur ke tempat yang memiliki medan dan cuaca yang cukup ekstrim, maka lebih disarankan memakai jaket khusus touring yang memiliki protektor, sarung tangan berprotektor dan deker lutut untuk meminimalisir cedera apabila terjadi kecelakaan.

 

Keempat, membawa barang sesuai dengan kapasitas motor juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena membawa barang banyak di sepeda motor sebenarnya sah-sah saja jika barang tersebut sesuai dengan kapasitas sepeda motor baik dari berat maupun ukuran. Intinya jangan sampai barang-barang tersebut mengganggu stabilitas motor ataupun mengganggu pengguna jalan lainnya.

 

Kelima, mematuhi peraturan lalu lintas dan tertib berkendara di jalan raya tentunya dapat mendukung keselamatan saat berlibur dengan motor. Menerobos lampu merah, parkir sembarangan, tidak mengenakan helm, hingga menggunakan telepon selular sambil berkendara motor menjadi berbagai pelanggaran berkendara yang harus dihindari.

 

Keenam, istirahat sejenak saat lelah atau mengantuk tentunya sangat dibutuhkan mengingat perjalanan panjang selama liburan menuntut kondisi fisik yang prima.  Dimana hal ini bertujuan untuk mengembalikan konsentrasi  yang sempat hilang akibat kelelahan.

 

Menurut Ismed Risya, Kasub Dept Safety Riding & Motorsport PT Indako Trading Coy  liburan menggunakan motor tentunya memberikan sesasi pengelaman tersendiri. Pihaknya berharap sejumlah tips tersebut diharapkan dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Menurutnya dengan selalu menjaga keselamatan saat berkendara dengan motor, maka selain mendukung terciptanya tertib berlalu lintas, juga diyakini perjalanan liburan akan menjadi lebih aman, nyaman dan menyenangkan.

Share: