Motor Dipakai Liburan Tahun Baru, Jangan Lupa Cek Komponen ini !!!

Liburan Tahun Baru 2022 menjadi momen yang dimanfaatkan banyak masyarakat untuk liburan. Tak cuma menggunakan mobil pribadi, sepeda motor kerap menjadi pilihan moda transportasi untuk liburan. Sepeda motor sering dipakai untuk perjalanan liburan.

Menyiksa motor dengan menempuh perjalanan jauh mengendarai ‘kuda besi’ memang mengasyikan, namun kita sebagai pemilik harus mengerti bahwa motor butuh perhatian khusus setelah perjalanan selesai. Berikut komponen motor yang wajib dicek :

Oli mesin

Setelah menempuh jarak panjang, sebaiknya kamu segera mengganti oli mesin motor. Umumnya oli diganti setelah menempuh jarak 1.500-2.000 km. Namun walau hanya menempuh jarak ratusan kilo, oli dapat menjadi encer lebih cepat. Karena oli mesin bekerja terus menerus untuk melumasi mesin. Karena itu dianjurkkan untuk langsung mengganti oli mesin setelah menempuh perjalanan jarak, agar kondisi mesin tetap prima dan mencegah kerusakan mesin.

 

Rem

Periksa kondisi rem depan dan belakang karena komponen keselamatan berkendara itu bekerja maksimal selama motor digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Rem akan cepat habis jika keadaan jalan berhenti kemudian jalan secara terus-terusan di jalur yang macet. Selain kondisi rem, kamu juga harus memeriksa tromol dan piringan cakram.

 

Rantai dan V-belt

Kekencangan dan keausan rantai motor juga harus diperhatikan setelah motor digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Setelah dipakai jarak jauh, rantai motor bisa mengendur dan aus. Kalau dibiarkan bisa putus. Sedangkan pengguna motor matic harus memeriksa V-belt (tali kipas dalam CVT) dan kondisi roller yang ada di dalamnya.

 

Suspensi

Jangan lupa mengecek kondisi suspensi kendaraan kamu yang bisa saja rusak jika sepeda motor melintasi jalan yang bergelombang dengan muatan yang berat. Per-per pada motor juga bisa rusak apabila ada pasir yang menempel di tabung suspensi sehingga merusak seal dan membuat oli shockbreaker bocor.

 

Ban dan velg

Periksa kondisi ketebalan dan alur ban setelah menempuh jarak panjang. Karena pada umumnya umur pemakaian ban hanya bertahan ± 10.000 km. Jika kamu menemukan kondisi tapak ban sudah menipis segera ganti dengan ban baru. Karena ban daya cengkram ban motor yang tipis sudah sangat berkurang, sehingga mempengaruhi handling berkendara.

 

Agar tetap performa motor Honda tetap optimal, servisnya di AHASS ya !!!

 

 

Share: