Pelatihan  Modul Dasar Jadi Cara Honda Asah Skill Guru SMK

Upaya mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berkualitas di bidang otomotif roda dua gencar dilakukan PT Indako Trading Coy dengan kembali menggelar pelatihan modul dasar Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda kepada puluhan guru SMK binaanya di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

 

Pelatihan melalui aplikasi Zoom yang berlangsung di Indako Development Center (IDC) Jl. Adam Malik Medan digelar pada 2-3 September 2020.  Selama dua hari, Honda bersama para Instructor Technical Service terlatihnya Erwin Chandra dan Feri Panji memberikan sejumlah materi  terkait  identifikasi alat ukur, wiring diagram dan warna kabel, sistem pengapian dan pengisian, sistem transmisi otomatis, sistem bahan bakar, dan sistem PGM-FI.

 

Sebelum pelatihan, para guru terlebih dahulu mengikuti pra test yang bermanfaat sebagai tolak ukur keahlian di awal kompetensi. Tidak hanya itu, setelah pelatihan pemahaman guru juga kembali diuji sesuai standar kompetensi yang ditetapkan, sehingga dapat dilihat tingkat pamahaman yang dihasilkan setelah pelatihan.

 

Feri Panji,  Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy  mengungkapkan pelatihan modul dasar ini merupakan komitmen Honda dalam peran sertanya memajukan dunia pendidikan di Sumatera Utara. Menurutnya berbagai inovasi terus digulirkan untuk menjaga kualitas guru SMK yang menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda di tengah pandemi, salah satunya pelatihan secara daring.

 

“ Bukan hanya memberikan teori, namun  para guru juga diberikan pemahaman melalui sesi praktek yang diharapkan  dapat menambah kualitas ilmu yang disampaikan saat mengajar nanti, “ ujarnya.

 

Gideon Budiharjo, Marketing Director PT Indako Trading Coy mengungkapkan pihaknya akan berupaya mendukung pendidikan vokasi di Sumatera Utara dengan metode yang disesuaikan dengan perkembangan kondisi saat ini. Seperti halnya memberikan pembelajaran jarak jauh yang menjadi cara Honda untuk tetap hadir dan mendukung terciptanya pendidikan vokasi yang lebih baik.

 

Pelatihan dan sertifikasi guru sendiri dilakukan Honda untuk menjaga kualitas pendidikan vokasi di seluruh SMK yang menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda. Dimana hal ini dilakukan untuk memastikan standar ajar Kurikulum TBSM yang sama di seluruh Indonesia.

Share: