Penyerahan Penghargaan Rekor MURI sebagai Produsen dan Distribusi Sepeda Motor Terbanyak

Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada PT. Astra Honda Motor (AHM) menyusul keberhasilan perusahaan tersebut dalam membukukan angka produksi dan distribusi bulanan tertinggi dalam sejarah industri kendaraan bermotor roda dua di Indonesia.

MURI menyerahkan dua sertifikat penghargaan kepada AHM sebagai produsen motor dengan jumlah produksi bulanan sepeda motor terbanyak yaitu 351.254 unit dan agen tunggal pemegang merek (ATPM) dengan angka distribusi bulanan sepeda motor terbanyak, yaitu 350.805 unit.

Presiden Direktur AHM Yusuke Hori mengatakan pencapaian tertinggi kali ini merupakan hasil dari terpilihnya sepeda motor Honda oleh para konsumen di Indonesia. Oleh karena itu, AHM akan senantiasa menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada seluruh konsumennya.

Hal ini akan dilakukan antara lain dengan terus berusaha keras untuk memberikan produk yang lebih baik, lebih cepat dan dengan harga yang lebih terjangkau untuk meningkatkan kepuasan para konsumen di Indonesia.

“Kami akan berupaya agar selalu dapat berkontribusi kepada masyarakat dan perekonomian Indonesia dengan menciptakan lowongan kerja melalui bisnis manufaktur dan pemasaran sepeda motor di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Arifin Posmadi, General Manager CV. Indako Trading Co selaku main dealer Honda di Sumatera Utara mengungkapkan pihaknya turut berbahagia atas penghargaan ini, dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh konsumen Honda di seluruh Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

“ Kepercayaan yang selama ini diberikan menjadi pemicu semangat bagi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik “, ujar Arifin Posmadi.

Executive Vice Presiden Direktur AHM Johannes Loman mengatakan pemenuhan permintaan konsumen mengantarkan perusahaan pada sebuah prestasi baru dalam bulan Agustus yaitu sebuah pencapaian angka produksi dan distribusi tertinggi dalam sejarah industri sepeda motor di Indonesia.

Pencapaian luar biasa ini secara otomatis akan diikuti dengan peningkatan kontribusi perusahaan dalam peningkatan pendapatan negara melalui pajak dan mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa di antaranya melalui penciptaan ribuan lapangan kerja. Secara keseluruhan, jika dilihat dari karyawan AHM, dealer, AHASS, part shop, dan perusahaan terkait lainnya, terdapat jumlah pekerja 250.000 orang.

“Jika dihitung dengan anggota keluarga yang ditanggung setiap pekerja, yang terkait langsung maupun tidak langsung, jumlahnya tentu lebih dari 500.000. Honda tidak hanya menciptakan ribuan tenaga kerja tapi juga sangat berperan dalam menunjang aktivitas masyarakat agar lebih produktif dan efisien dalam bekerja. Apalagi saat ini sepeda motor masih menjadi alat transportasi utama sebagian besar masyarakat Indonesia.” Ujar Johannes Loman.

Realisasi produksi ke-351.254 unit secara faktual tercapai pada hari Selasa, 31 Agustus 2010 di areal pabrik AHM Cikarang. Dalam pencapaian ini, Honda Vario Techno tercatat sebagai unit yang menandai tercatatnya rekor baru MURI ini di industri seped motor nasional.

Leo Wijaya, Marketing Manager CV. Indako Trading Co menambahkan, sebenarnya angka ini dapat lebih tinggi lagi, karena mengingat sebagaian besar konsumen masih banyak yang tercatat dalam daftar inden, terutama pada motor matik.

“Rekor MURI ini mengiringi dirilisnya varian baru skutik Honda yaitu Vario Techno yang hadir dengan desain dan body Vario Techno CBS, tapi harganya lebih terjangkau bagi konsumen.” Ujar Leo Wijaya.

AHM menambah varian baru dalam Vario Series dengan merilis Honda Vario Techno yang dipasarkan tanpa comby brake system. Varian baru ini akan dipasarkan dengan harga Rp. 15.330.000,- (On The Road Medan) dengan striping baru yang terlihat lebih menarik dan dinamis serta empat pilihan warna yaitu Orion Black, Galactic Blue, Mars Red, dan Cosmic White.