Tips Penggunaan Honda Smart Key System

Honda Smart Key System merupakan salah satu teknologi terbaru dari Honda  sebagai pengganti kunci konvensional atau kunci fisik yang selama ini digunakan pada sepeda motor.Smart Key System juga memiliki fitur lain seperti answer back system dan anti thief alarm. Saat ini terdapat dua jenis model remote smart key yang dimiliki sepeda motor Honda, yaitu model remote dengan 2 dan 3 tombol fungsi:

Sama seperti sepeda motor, Smart Key System juga perlu mendapat perhatian dalam penggunaannya :

1. Hindari Tekanan Berlebih

Tekanan yang berlebih pada tombol di smart key dapat mengakibatkan kerusakan. Cukup tekan tombol sewajarnya saja saat mengaktifkan atau menggunakan fitur yang tersedia di Smart Key System.

2. Usahakan Tetap Kering

Air yang masuk dari sela-sela remote berpotensi menimbulkan terjadinya kerusakan akibat hubungan arus pendek. Apabila terkena air atau basah, segera keringkan sebelum digunakan.

3. Hindari Meletakan Remote di Dalam Bagasi

Jangan menaruh smart key di dalam bagasi motor atau di rak serbaguna, yang dapat berpotensi tertinggal dan menjadikan motor bisa dinyalakan orang lain. Pastikan remote selalu melekat pada diri Brosis, misalnya diletakan di saku atau di dalam tas.

4. Hindari Radiasi Elekrtomagnet

Jauhkan smart key dari benda-benda yang memiliki radiasi elektromagnet tinggi seperti microwave, mixer, tower pemancar radio karena berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remot smart key.

5. Simpan dan Rahasiakan ID Tag

Simpan ID Tag di tempat yang aman dan jangan memberitahukan kode ID Tag pada siapa pun. ID Tag berfungsi sebagai alat untuk menghidupkan motor saat kondisi darurat, registrasi tambahan saat semua Honda Smart Key hilang dan registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti.

6. Simpan Smart Key Cadangan di Rumah

Cukup membawa satu Smart Key saja saat berkendara, sehingga apabila Brosis kehilangan remote smart key ketika berkendara, masih ada cadangan remote smart key di rumah.

7. Posisi Off

Pada saat Brosis sampai ditempat tujuan, pastikan saklar starter dalam posisi OFF agar sinyal yang menghubungkan smart key dan motor terputus. Indikator smart key ada di posisi OFF adalah lampu berwarna merah pada remot akan menyala saat ditekan.

8. Beri Jarak 2 meter antara Remote dan Motor

Ketika Brosis tidak berkendara, pastikan remote dan sepeda motor berada pada jarak lebih dari 2 meter atau matikan remote dengan menekan tombol on/off pada remote. Hal ini dilakukan untuk menghindari komunikasi sinyal radio remote dan sepeda motor yang dapat mengakibatkan baterai (aki) menjadi drop atau soak.

Jadi, pastikan selalu menggunakan Honda Smart Key Brosis dengan benar supaya keamanan dan kenyamanan berkendara selalu maksimal. Jika menemukan masalah saat mengoperasikan Smart Key System, jangan ragu untuk ke bengkel AHASS terdekat, ya!

Sumber : https://www.astra-honda.com/artikel/after-sales/tips-penggunaan-honda-smart-key-system

Share: