Tools Standar Honda Dukung Tingkatkan Kualitas Pendidikan SMK

 Melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan siap menjawab tantangan dunia kerja bukanlah hal yang mudah. Selain kualitas tenaga pengajar yang mumpuni, dibutuhkan pula dukungan sarana dan prasarana yang memadai guna memperlancar jalannya proses belajar mengajar dan transfer ilmu  dari para guru kapada para siswanya.

 

Seperti halnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan lembaga pendidikan yang mempersiapkan SDM agar memiliki keahlian spesifik yang berorientasi pada dunia kerja tentunya sangat membutuhkan berbagai sarana yang memegang peranan penting  menunjang proses belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

 

Terkhusus untuk jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) yang menuntut sekolah memiliki sarana dan prasarana yang memadai seperti  halnya bengkel serta perlengkapan tool standar yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Karena tidak dapat dipungkiri, fasilitas praktek dengan kualitas yang baik tentunya dapat menjadikan  proses transfer ilmu semakin maksimal dan tepat sasaran.

 

Memahami kondisi tersebut, PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara  (Sumut) menunjukkan kontribusi aktifnya memperkuat pendidikan kejururan dan vokasi di wilayah Sumut yang imulai pada tahun 2012. Dimana komitmen tinggi PT Indako Trading Coy terhadap pengembangan dunia pendidikan ditunjukkan melalui kerjasama terkait  penerapan Kurikulum TBSM Honda dengan SMK Swasta sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan dengan sistem “ Link and Match” melalui sinkronisasi kurikulum bersama SMK jurusan teknik  sepeda motor yang ada di wilayah Sumatera Utara.

 

Dukungan Honda pada peningkatan kualitas pendidikan di SMK juga diwujudkan dengan pemberian berbagai fasilitas sepeda motor, special tools baik untuk engine, PGM FI, maupun electrical, gapura Satu hati dan berbagai fasilitas lainnya. Secara rutin, Honda juga berupaya menghadirkan berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru dan para siswa SMK binaanya, seperti memberikan pelatihan tepak knologi terkini, training dan sertifikasi para guru, kontes siswa berprestasi, aktivitas service gratis di sekolah, hingga menyelenggarakan kompetisi keterampilan teknik  baik antar siswa SMK binaan mulai tingkat regional hingga nasional.

 

Suryaman selaku Kepala Jurusan SMK Negeri 2 Binjai mengungkapkan sangat bersyukur atas kerjasama dan dukungan sejumlah tools standar yang diberikan Honda untuk meningkatkan kompetensi para siswa SMK, terutama pada jurusan otomotif yang memerlukan fasilitas praktek yang memadai dan sesuai dengan teknologi terkini. Menurutnya bantuan ini tentunya akan mendukung upaya SMK untuk melahirkan para generasi yang memiliki keahlian dan siap menghadapi tantangan dunia usaha baik sebagai mekanik, maupun menjadi wirausaha dengan membuka bengkel sendiri.

 

Sementara itu Leo Wijaya, VP Director PT Indako Trading Coy mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi dukungan seluruh SMK binaan se-Sumut dalam proses Link and Match dunia industri dan dunia pendidikan yang selama ini terjalin dengan sangat baik. “  Dengan Semangat Satu Hati, Honda akan terus berupaya bersinergi dengan para SMK TBSM binaan Honda untuk mewujudkan cita-cita bersama melahirkan lulusan yang berkualitas dan siap pakai sehingga akan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan sekolah dan industri, “ ujar Leo Wijaya.

Share: