Busi Basah Terkena Air, Ini 4 Cara Mudah Bersihkannya

2. Kemudian ambil lap kering, bersihkan busi dengan lap tadi

Setelah melepas busi dan menutup lubang busi dengan kain bersih yang kering, lalu segera ambil lap kering lain untuk mengelap busi terutama bagian elektrodanya dengan kain tadi. Selain mengelap busi, meniup busi yang basah juga bisa di lakukan untuk mempercepat proses pengeringan.

3. jika busi sudah kering, kemudian sikat permukaan busi

Setelah di lap dan busi telah kering, kemudian ambil ampelas halus atau jika tidak ada bisa gunakan sikat gigi. Dengan ampelas halus atau sikat gigi tadi gunakan untuk membersihkan ujung elektroda atau kepala busi. Menyikat kepala busi dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel, yang sering kali membuat kerja busi tidak maksimal.

4. Ulangi pembersihan terutama di bagian lubang sebelum busi di pasang kembali

Lakukan pembuangan uap air yang kemungkinan masih ada di mesin terutama di lubang busi tersebut sebelum memasang kembali busi. Pertama-tama jangan cabut kain kering yang tadi digunakan untuk menutup lubang busi terlebih dahulu, kemudian nyalakan motor secara manual dengan kick statrter dalam konidis kunci off. Terus ulangi cara tadi sampai yakin lubang busi telah bersih dari air.

Nah, jika sudah yakin bersih dan kering dari air maka pasang lagi busi ketempatnya semula dan cobalah untuk menyalakan. Gimana, mudah bukan?

 

baca juga :

Oli Apa yang Cocok Untuk Motor Honda ?

Penting !!! Ini Nih Cara Jitu Membeli Motor Bekas Biar Agar Gak Ketipu

Di Jalan Raya lihat Kecelakaan ? Ini Tindakan Yang Harus Dilakukan !!