Cek Dulu, Perlengkapan Ini Harus Dibawa Saat Mudik Naik Motor !

Selain naik kereta api, bus, mobil, dan pesawat terbang, mudik naik motor adalah salah satu opsi mudik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Apalagi karena pilihan ini memberikan kebebasan kepada pemudik untuk lebih fleksibel dalam perjalanan. Selain itu, saat tiba di kampung halaman, motor yang dibawa pun berguna untuk proses silaturahmi Lebaran.

Untuk itu beberapa perlengkapan ini wajib ada di kala mudik menggunakan sepeda motor. Pasalnya hal itu menyangkut kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Tool Box

Meskipun sebelumnya telah melakukan servis kendaraan, adanya tool box sangat diperlukan sebagai antisipasi. Karena dalam perjalanan yang jauh kadang bisa saja terjadi seperti ban bocor. Ketika bocor dan jauh dari bengkel bisa melakukan semuanya sendiri.

Jas Hujan dan Jaket

Cuaca yang tidak menentu kadang menjadi hal yang mengganggu perjalanan mudik. Dengan membawa jas hujan, jaket akan membantu perjalanan jika sewaktu-waktu hujan. Belum lagi cuaca malam yang dingin sangat rentan terhadap kondisi tubuh.

Sarung Tangan, Masker dan Rompi

Sebagian orang mungkin masih menganggap remeh sarung tangan. Tapi jangan salah, sarung tangan melindungi jari dan telapak tangan dari sinar matahari, mengurangi pegal saat pegang gas dan kopling.

Masker mampu memfilter udara saat bernafas dan berkendara. Sementara rompi mampu mengurangi dan meredam luka parah saat jatuh.

Surat-Surat Kendaraan

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan keberadaan surat-surat seperti SIM dan STNK membuat kita menjadi pemudik yang taat aturan. Selain lebih aman tentu nyaman tanpa perlu khawatir jika ada aparat yang menanyakan tentang kelengkapan surat-surat kendaraan.

 

baca juga :

Bawa Barang Saat Mudik Naik Motor ? Cek Tips Aman-nya Di sini
Tetap Cari Aman Saat Berkendara di Bulan Ramadhan

Busi Basah Terkena Air, Ini 4 Cara Mudah Bersihkannya