Honda Cari Pelajar Kreatif, Peduli dan Percaya Diri Membangun Negeri

PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar AHM Best Student (AHMBS) untuk menantang pelajar setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) berlomba memaparkan gagasan dan karyanya dalam membangun negeri. Bertajuk “Gen Z Kuat, Indonesia Hebat”, perusahaan membuka pendaftaran kegiatan ini sejak 15 Maret hingga 20 Juli 2023 dengan mengajak generasi muda dalam mengangkat kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri ini.

 

Memasukin gelaran ke-21, AHMBS 2023 digelar dengan menyajikan dua kategori perlombaan, yakni kategori ide dan kategori invensi dengan mengangkat isu ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s). Para calon perserta dapat mendaftarkan diri melalui link bit.ly/AHMBS2023 yang telah dilengkapi dengan berbagai informasi dan petunjuk pembuatan makalah secara mudah, cara membuat materi presentasi yang menarik dan video kreatif sesuai dengan kategori yang diikuti. Para siswa multitalenta yang juga aktif di bidang sosial dan keagamaan, budaya dan olahraga dapat mengikuti kompetisi ini sesuai dengan minatnya sejalan dengan 17 indikator SDG’s.

 

Gen Z yang menjadi siswa sederajat SMA dengan tahun ajaran 2022-2023 dapat menuangkan karya terbaiknya di kategori Ide yakni gagasan karya atau konsep yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype, belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum. Ide yang masih dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil berupa prototype. Sementara itu pada kategori Invensi, para siswa dapat mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke masyarakat.  Karya di Invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyakarat berupa produk atau jasa.

 

Karya Gen Z ini dikurasi melalui seleksi berjenjang hingga 6 tahapan. Seleksi dimulai dengan seleksi administrasi, dilanjutkan bertarung di tingkat regional hingga nasional melalui makalah dan presentasi. Kegiatan penjurian AHMBS dilakukan pada periode Agustus – Oktober 2023 dengan melibatkan alumni AHMBS, praktisi, akademisi hingga para profesional di setiap bidang. AHMBS tahun ini juga mengapresiasi para guru yang tanpa lelah membina siswa untuk terus berprestasi. AHMBS 2023 hadir dengan total hadiah hingga Rp120.000.000 bagi para pemenang.

 

General Manager Corporate Communication Ahmad Muhibbuddin mengajak para siswa sederajat SMA menyampaikan gagasan dan karya kreatifnya dalam menghadapi kompetisi global sesuai dengan semangat AHMBS yakni creative, care & confident. AHMBS menjadi upaya perusahaan mewadahi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui rangkaian program yang dikemas khusus dan menarik bagi Gen Z.

 

Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami ingin dapat hadir bersama masyarakat dalam membangun negeri, terutama generasi muda. AHMBS mengajak para pelajar untuk berkarya dan menyongsong masa depan dengan kepedulian terhadap berbagai isu sosial, dan ekonomi kemasyarakatan.

 

AHMBS yang juga diperuntukan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Madrsah Aliyah (MA) merupakan program kontribusi sosial perusahaan di pilar pendidikan yang telah berlangsung sejak 2003. Program bagi generasi muda ini telah memiliki 1.284 orang alumni yang telah berkiprah melalui berbagai profesi yang ditekuni seperti dokter, dosen hingga wirausaha. Pendekatan yang dilakukan sepanjang gelaran ini terus mengikuti perkembangan tren anak muda dengan topik yang menginspirasi pada lingkup nasional dan global. AHBMS juga memberikan wawasan inspiratif bagi para pesertanya melalui berbagai narasumber baik tokoh nasional, tokoh muda, penulis, enterpreneur hingga atlit nasional.

Share: