Begini nih cara Aman Berkendara di Malam Hari

Berkendara di malam hari membutuhkan perhatian yang tinggi. Saat malam hari, pencahayaan tidak seterang di siang hari. terlebih ketika melewati jalur yang tidak ada penerangan sama sekali, hanya mengandalkan penerangan dari kendaraan. Hal ini  akan membuat jarak pandang pengendara menjadi terbatas dan susah untuk mengidentifikasi objek di sekitarnya.  Jika kurang hati – hati dalam berkendara, bisa – bisa mengalami hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu butuh konsentrasi saat berkendara di malam hari.

 

Salah Satu pertimbangan berkendara di malam hari adalah situasi lalu lintas yang lebih sepi dan lancar dibanding dengan siang hari. Akan tetapi, karena saat malam pencahayaan sangat minim, maka butuh beberapa tips agar aman berkendara di jalan.

 

  1. Cek & Pastikan Lampu Menyala

    Ketika malam hari satu – satunya penerangan adalah berasal dari lampu kendaraan. Agar aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan pastikan terlebih dahulu bahwa lampu sepeda motor kamu berfungsi dengan baik.

    Mulai dari lampu belakang karena lampu belakang adalah penanda bagi pengendara di belakang, sehingga bisa melihat kendaraan di depan mereka. Kemudian lampu sein sebagai penanda kalau ingin belok. Lampu depan yang tentunya adalah lampu utama yang berguna melihat jalan dan juga penanda kendaraan di depan dari arah berlawanan.

  2. Gunakan Pakaian yang Cerah

    Meskipun pakaian berwarna gelap seperti jaket kulit hitam adalah fashion keren untuk dipakai, akan sangat sulit untuk terlihat dengan menggunakan pakaian gelap. Ada baiknya juga jika kamu menggunakan pakaian yang bisa memantulkan cahaya. Biasanya perlengkapan berkendara seperti body protector memiliki kemampuan seperti ini sehingga cahaya dari kendaraan lain akan terpantul dari baju yang kamu pakai.

    Dengan menggunakan pakaian cerah dan juga memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya membuat lebih terlihat oleh pengendara lainnya. Jadi, akan lebih kecil kemungkinan kecelakaan yang ditimbulkan.

    Share: