Ini Saat Tepat Mengganti V-Belt Skutik Kesayangan

Melakukan perawatan motor skutik secara berkala sebenarnya sangat mudah. Di mana pengendara hanya perlu untuk melakukan perawatan berkala dan memberikan perhatian pada masing-masing komponen penting yang ada pada skutik kesayangannya.

Salah satu komponen penting pada skutik yang membutuhkan perhatian yaitu V-belt yang merupakan salah satu komponen dalam system penggerak motor matik. Terbuat dari bahan karet, V-belt memiliki fungsi untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, bahwa komponen yang satu ini memang sangat penting dijaga, karena Jika V–belt pada motor anda putus, maka motor tidak bisa dikendarai meski mesin dalam kondisi hidup. Hal ini bisa dikatakan seperti penggunaan rantai pada motor, bedanya jika V-belt motor anda putus maka tidak bisa di sambung kembali.

Menurut Erwin, sangat berbahaya jika anda mengalami putus V-Belt di tengah jalan, karena bisa merusak komponen lain dalam continuously variable transmission (CVT). Selain itu, V-belt yang melilit juga bisa merusak mangkuk roller pada motor anda. Sangat dianjurkan untuk mengganti V-belt ketika memasuki 24.000 Km, dan dibutuhkan pengecekan V-belt setiap melakukan service berkala.

Cara mudah untuk mengetahui V-belt sudah saatnya diganti adalah ketika saat mengendarai skutik kesayangan, maka pengendara akan merasakan tarikan yang berat dan ada getaran berat. Bahayanya, jika tetap dipaksakan, maka V-belt pada skutik tidak beresiko akan putus.

Erwin Menambahkan, bahwa jika sudah merasakan ada masalah pada skutik kesayangan, maka sebaiknya segera meluncur ke bengkel resmi AHASS terdekat untuk melakukan pengecekan maupun penggantian komponen yang bermasalah, sehingga motor kembali prima dan dapat menemani aktivitas harian pecinta motor Honda.

Share: