Tips Rawat Motor Scoopy Agar Tetap Awet

Motor matic merupakan kendaraan roda dua yang paling banyak digunakan di jalanan. Motor ini dipilih karena cukup mudah untuk dinaiki. Apalagi semua sistemnya otomatis sehingga semua kalangan bisa mengendarainya dengan mudah. Jadi, tidak perlu memikirkan gigi atau perseneling.

Meski memiliki mesin yang otomatis dan mudah dijalankan. Perawatan dari motor matic seperti Honda Scoopy ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apabila seseorang tidak bisa melakukan perawatan dengan baik. Motor bisa mengalami kerusakan dengan mudah.

Untuk mengetahui bagaimana cara merawat motor matic khususnya Honda Scoopy. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mengecek Oli secara Berkala

Perawatan Honda Scoopy yang pertama adalah mengecek oli secara berkala. Pengecekan oli ini sangat penting untuk menghindari adanya masalah pada mesin. Apalagi mesin motor matic dikenal sering rewel di jalanan.

Oli yang digunakan cukup lama biasanya memiliki kerak. Sisa pembakaran ini bisa menyebabkan mesin tidak bisa bekerja secara maksimal. Bahkan mesin bisa mengalami macet sehingga kendaraan tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Biasanya oli harus diganti setelah seseorang melakukan perjalanan selama 10.000 km. Selain itu jika motor sudah digunakan selama 6 bulan, oli juga harus diganti. Dengan melakukan ini motor tidak akan mengalami mogok akibat masalah pada mesin khususnya overheating. 

2. Cek Aki secara Rutin

Selain melakukan penggantian oli secara berkala. Pengecekan aki juga harus dilakukan secara rutin apabila ingin menggunakan motor Honda Scoopy. Pengecekan aki ini sangat penting dilakukan untuk menghindari motor tidak bisa menyala karena terjadi masalah kelistrikan.

Biasanya motor matic akan menggunakan aki electric yang harus diisi dayanya terlebih dahulu secara berkala. Apabila tidak diisi, daya listrik akan habis sehingga motor tidak akan bisa distarter. 

3. Jangan Dipakai Terlalu Berlebihan

Motor matic seperti Honda Scoopy berbeda dengan motor sport atau motor bebek standar. Motor jenis ini hanya bisa digunakan untuk area perkotaan atau yang jalannya cukup baik. Apabila digunakan di kawasan pegunungan yang jalannya cukup ekstrem, kendaraan bisa mengalami kerusakan dengan mudah.

Selain itu, kurangi penggunaan motor matic untuk melakukan perjalanan terlalu jauh. Misal melakukan perjalanan hingga luar provinsi atau luar pulau yang jaraknya bisa ratusan kilometer. Apabila hal itu tetap dilakukan secara berlebihan, mesin bisa cepat panas dan onderdil lain yang ada pada motor cepat rusak. 

4. Isi dengan Bahan Bakar yang Sesuai

Apabila menggunakan Honda Scoopy ada baiknya untuk tidak menggunakan bahan bakar yang terlalu rendah nilai oktannya. Di luar sana ada beberapa tingkatan bahan bakar yang dijual. Disarankan untuk menggunakan BBM yang nilai oktannya sesuai atau yang tinggi sehingga fungsi mesin bisa lebih maksimal.

Apabila menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan rendah. Lambat laun akan terjadi masalah pada mesin. Itulah kenapa tidak disarankan untuk mengisi bahan bakar secara sembarangan apalagi sampai mencampurkan dua bahan bakar dalam satu tangki. 

5. Lakukan Tuneup Rutin ke Bengkel

Masalah terbesar yang sering dilakukan oleh para pengguna motor matic adalah kendaraan yang mendadak rusak. Padahal jika tune up secara rutin, bagian yang bermasalah itu masih bisa diselamatkan atau dikembalikan ke posisi semula.

Itulah mengapa saat membeli motor di Blibli, seseorang harus melakukan pengecekan secara rutin. Biasanya akan ada layanan pengecekan rutin selama beberapa kali di bengkel resmi atau di bengkel yang sudah melakukan kerja sama jika beli baru. 

6. Selalu Cuci secara Rutin

Sebenarnya tips ini juga berlaku untuk semua jenis motor tidak hanya motor matic saja. Apabila selesai digunakan motor harus dibersihkan saat itu juga. Apabila kotorannya tidak terlalu banyak, bisa langsung di lap dengan kain bersih.

Sementara itu apabila kotorannya ada banyak karena digunakan saat turun hujan. Ada baiknya segera dicuci hingga bersih menggunakan sabun khusus. Pencucian harus dilakukan secara rutin untuk menghindari adanya kotoran yang kering dan akhirnya menempel.

Kotoran tersebut bisa sulit dibersihkan dan akhirnya bisa merusak bodi dari kendaraan. Itulah kenapa sebelum menempel dan sulit dibersihkan harus segera dicuci secara rutin. 

7. Sadar dengan Masalah Saat Berkendara

Terkadang masalah yang muncul pada motor matic tidak bisa diketahui oleh sebagian besar orang. Masalah ini biasanya terlalu kecil tetapi jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan pada bodi hingga onderdil lain pada motor.

Apabila Anda merasa sudah tidak nyaman saat menggunakan motor matic. Misal saat dikendarai terasa sangat keras atau ada guncangan lain. Lebih baik segera dibawa ke bengkel terdekat atau bisa langsung ke bengkel resmi.

Biasanya akan dilakukan pengecekan untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah. Apabila ada masalah maka bisa dibenarkan atau diganti suku cadangnya apabila sudah tidak bisa diselamatkan.

Merawat Honda Scoopy dengan baik akan membuat anda lebih hemat biaya servis. Apalagi jika motor tersebut akan digunakan untuk melakukan perjalanan jauh setiap harinya. Tentu perawatan secara rutin harus dilakukan untuk memaksimalkan seluruh fungsinya.

Yang paling penting saat menggunakan motor matic adalah mengetahui batasannya. Misal berapa lama harus melakukan servis pada aki, kapan mengganti oli, hingga kapan saja harus melakukan perawatan atau pengecekan rutin di bengkel.

Apabila terjadi kerusakan pada beberapa bagian dari mesin. Ada baiknya untuk membeli sparepart resmi dari Honda. Anda bisa mencarinya secara online di Blibli agar motor matic tidak menggunakan suku cadang palsu. Jadi, fungsi dari motor masih tetap bisa dijaga.*

25 Mei 2022

Share: