Untuk melindungi keselamatan saat berkendara dengan motor di jalan, kondisi motor menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Menyikapi hal tersebut, Honda sebagai pelopor keselamatan berkendara, berupaya terus menggalakkan kampanye #cari_aman dengan tidak lelah mengingatkan para pecintanya untuk selalu melakukan perawatan berkala dan pengecekan kondisi komponen motor.
.
Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, sebagai armada yang digunakan untuk menemani aktivitas harian, motor sangat membutuhkan perawatan di tangan ahlinya yaitu para mekanik dari bengkel resmi AHASS.
Namun pada kenyataannya, tidak semua pemilik motor memahami akan kebutuhan dari kendaraannya, sehingga jadwal servis motor akhirnya terabaikan. Karena faktanya banyak motor yang lama tidak diservis, sehingga tidak hanya akan lebih cepat rusak, namun juga membahayakan pengemudi saat berkendara. Sebenarnya terdapat sejumlah tanda yang menunjukkan motor harus segera diservis dan mengalami perbaikan.
Pertama, motor susah dinyalakan di pagi hari, padahal kick starter sudah digenjot sekuat tenaga, choke udah juga ditarik, namun motor tetap diam tak menyala. Hal ini dapat djadikan salah satu tanda bahwa motor sudah dapat dibawa ke bengkel resmi AHASS untuk mendapat perbaikan.
Kedua, jika motor dalam kondisi prima tentunya tidak akan mati ketika gasnya dilepas. Kondisi ini tentunya sangat menjengkelkan dan perlu mendapat pemeriksaan yang baik dari ahlinya.
Ketiga, jika motor mengeluarkan suara aneh yang tidak semestinya juga dapat menjadi pertanda dibutuhkannya perawatan. Karena harus segera dicari tahu sumber bunyi aneh tersebut dan penyebab terjadinya.
Keempat, tarikan motor yang berat saat digas dan tidak melaju dengan kecepatan maksimal, maka itu juga menjadi salah satu pertanda motor harus dibawa ke bengkel resmi. Jangan dibiarkan karena kerusakan bisa makin parah yang berakhir mogok.
Kelima, tanda lain motor sudah perlu diservis adalah asap yang keluar dari motor. Jika ada asap yang keluar dari knalpot, maka hal tersebut perlu diwaspadai.
Keenam, salah satu cara paling mudah untuk mengetahui kapan motor sudah perlu diservis adalah dengan mengecek kilometer. Jika kilometernya apakah sudah melebihi dari batas servis artinya motor sudah layak untuk masuk bengkel.
Erwin Chandra menambahkan, untuk menghadirkan senyum kepuasan para pecinta setianya, Honda turut menghadirkan berbagai layanan servis yang menjawab kebutuhan. Seperti halnya Layanan Booking Servis via aplikasi KeretaKU atau layanan yang dapat dipesan sesuai dengan waktu yang diinginkan konsumen, pit express yang memberikan layanan servis bebas antri dan cepat untuk konsumen yang membutuhkan penggantian oli dan part tertentu, hingga AHASS Service Kunjung (ASK) yang memberikan layanan servis motor nyaman di rumah.