Trik Memaksimalkan Kaca Spion Untuk #Cari_aman di Jalan

Meningkatkan kesadaran untuk melindungi keselamatan harus selalu menjadi fokus utama para pengguna kendaraan bermotor. Kewaspadaan dan pemahaman setiap fungsi dari masing-masing bagian pada motor juga menjadi hal yang sangat penting, salah satunya memanfaatkan kaca spion yang merupakan salah satu unsur pendukung untuk  untuk # Cari_aman di jalan.

 

Meski pada kenyataannya, masih banyak pengendara motor yang masih menganggap sepele fungsi kaca spion. Dimana banyak diantaranya kerap baru menyadari settingan spion belum sempurna ketika kendaraan sudah mulai berjalan. Padahal kebiasaan tersebut tentunya sangat berbahaya, karena  pengendara berpotensi kapan saja dapat kehilangan kontrol yang berakibat fatal.

 

Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, kaca spion berfungsi untuk membantu pengendara melihat keadaan sekitar dan mewaspadai bahaya blind spot. Karena itu, sudah seharusnya gunakan dan manfaatkan  kaca spion sebaik mungkin untuk demi menjaga keselamatan sendiri dan juga pengendara lain.

 

Untuk #Cari_aman di jalan, sebenarnya ada sejumlah trik memaksimalkan kaca spion dengan mudah dan aman. Pertama, sebelum berkendara akan lebih baik jika pengendara memastikan posisi kaca spion dengan baik dan benar, karena pergeseran posisi duduk pengendara atau kadang spion berubah posisi gara-gara tersenggol saat parkir atau kadang helm ditaruh di spion sampai posisinya berubah. Gerakan tangan yang menyetel kaca spion ketika berkendara juga bisa mempengaruhi konsentrasi atau handling.

 

Kedua, lebar kedua kaca spion jangan terlalu kecil karena membuat informasi yang diberikan terbatas dan mata akan sulit melihatnya. Namun juga jangan terlalu besar, paling baik ukurannya seperti bawaan motor. Ketiga, kaca spion bisa memberikan banyak informasi dengan menghadap ke belakang, jangan terlalu ke atas atau ke bawah, namun bisa melihat jelas ke belakang dan samping.

 

Sedangkan yang keempat, posisi spion akan keluar sedikit dari setang, namun keluarnya jangan terlalu banyak karena akan membahayakan dan dapat nyangkut. Kehati-hatian sangat dibutuhkan, jangan sampai kesalahan setelan kaca spion malah dapat berakibat fatal.

 

 

Ismed Risya menambahkan, saat ini masih banyak pengguna roda dua yang sering menyepelekan salah satu komponen vital yang namanya spion, bahkan ada juga yang tidak menggunakan satu pun spion di kendaraannya. Karena itu, dengan semangat #Cari_aman Honda mengajak masyarakat untuk lebih aware pada keselamatan dengan memperhatikan lebih detal kesiapan setiap komponen motor sebelum berkendara.

Share: