Berkendara dengan motor dalam menempuh rute aspal, maupun tanah memang memerlukan perlakuan yang berbeda. Terlebih pada jalanan berbatu atau berpasir, penanganan motor diperlukan perhatian khusus agar tidak mengalami kerusakan pada tunggangan.
Ada hal yang harus diperhatikan dalam bermain off-road dengan Honda CRF150L. Mau tau gimana tips amannya? Kuy, Simak tips berikut ini.
OLI
Bagi para off-roader, berkendara dengan sering membuka dan menutup handle gas, merupakan hal yang lumrah bagi para pencinta adventure. Dengan karakter seperti itu kerja mesin lebih maksimal dan mesin cepat panas, sehingga oli mesin lebih mudah menguap. Karena itu, disarankan menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi, seperti pada varian AHM Oil MPX-1 10W-30. Standar yang dikeluarkan perbaikan setiap 4.000 km, disarankan melakukan pergantian oli mesin.
Akan tetapi para off-roader harus lebih sering melakukan pengecekan, dengan cara melihat stik level oli mesin, apakah masih sesuai dengan standar ketinggian oli atau kurang dari standar. Jika ada dibatas bawah, maka tambahkan oli baru sampai dengan batas tengah.
THROTTLE GAS & TUAS HANDLE KOPLING
Permainan gas merupakan hal yang sering dilakukan pada dunia off road. Setingan throttle gas atau tuas gas, menjadi perhatian lebih bagi para off roader. Untuk mendapatkan tarikan motor yang responsif, para rider dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas dengan jarak 2-6 mm.
Hal serupa dengan handle kopling, permasalahan yang biasa terjadi adalah kopling slip pada dunia off road maupun on road. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm, dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran handle gas yang tinggi.