Busi Basah Terkena Air, Ini 4 Cara Mudah Bersihkannya

Ketika musim hujan melanda, beberapa jalan raya bakal di penuhi oleh luapan air. Apalagi jika hujan itu turun deras dengan intensitas tinggi dan lama, bisa-bisa malahan menyebabkan banjir dan menggenangi jalan yang harusnya menjadi jalur transportasi bagi kendaraan yang akan melewati.

Jika air telah meluap memenuhi jalan, mau tidak mau khususnya bagi pengendara sepeda motor harus menerebos genangan air itu. Hal itu sudah biasa kita jumpai, mereka memilih resiko terhadap kendaraan yang di tumpanginya itu.

Resiko memaksakan berkendara di jalanan yang penuh dengan luapan atau genangan airĀ  bisa-bisa membuat mesin motor akan mogok. Masalah utama yang menyebabkan kendaraan mogok setelah melewati luapan air adalah busi.

Jika busi terkena luapan air, busi yang basah itu akan menyebabkan proses pembakaran mesin gagal terus, dan itu menyebabkan motor susah menyala atau lebih sering didengar dengan istilah mogok. Jadi jika setelah melewati luapan air lalu motor mogok, masalah awal yang harus di cek adalah busi terlebih dahulu.

Bagi kaum awam yang tidak mengetahui tentang tata cara memperbaiki kendaraan motor yang terkena masalah, biasanya lebih memilih untuk langsung membawanya ke bengkel. Namun sebenenarnya, busi yang basah terkena luapan air itu masih bisa diperbaikiĀ  dengan sesegera mungkin dan dilakukan sendiri tanpa membawanya ke bengkel.

Caranya cukup mudah, bahkan untuk kaum hawa yang sangat awam, malahan anti dengan urusan mesin pun bisa memperbaiki busi yang basah ini sendiri.

Ikuti baik-baik cara mudah bersihkan busi yang basah

1. Lepas busi dari tempatnya

Seperti yang dibahas sebelumnya, kendaraan atau sepeda motor setelah melewati genangan air atau banjir kemungkinan besar menyebabkan motor itu akan mogok. Dan penyebab motor mogok itu adalah busi motor yang basah, maka dari itu segeralah setelah melewati banjir atau genangan air itu lepas busi dari tempatnya. Setelah itu yang tak kalah penting jangan lupa tutup lubang busi di mesin dengan kain bersih yang kering.