Bawa Barang Saat Mudik Naik Motor ? Cek Tips Aman-nya Di sini…

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia jelang hari raya Idulfitri. Setiap tahunnya bahkan ada jutaan pemudik yang menggunakan jalur udara, darat, hingga laut untuk pulang ke kampung halaman.

Menariknya, salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia untuk mudik adalah sepeda motor. Selain dinilai perjalanan mudik bisa lebih cepat sampai, pemudik yang memilih menggunakan motor biasanya karena membutuhkan kendaraan tersebut untuk berjalan-jalan di kampung halaman.

Namun, packing atau posisi meletakkan barang di sepeda motor menjadi satu di antara hal yang diperhatikan untuk yang mau touring jauh, apalagi menjelang mudik lebaran. Karena kalau salah dalam peletakan posisi barang bawaan pada sepeda motor bisa mengakibatkan kecelakaan.

Ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan ketika kita mengangkut barang dengan menggunakan sepeda motor yaitu :

  1. Pastikan barang muatan terikat kuat pada sepeda motor untuk memastikan barang bawaan tidak mengganggu keseimbangan sepeda motor ketika di jalan.
  2. Barang muatan tidak boleh melebihi lebar stang kemudi sepeda motor, sehingga pengendara tetap bisa melihat lalu lintas dibelakang menggunakan spion dan pengendara bisa menjadikan stang kemudi sebagai tolak ukur jarak barang dengan pengendara lain di sisi sepeda motor.
  3. Tinggi barang tidak boleh melebihi punggung pengendara, hal ini bertujuan agar aerodinamis sepeda motor tidak terganggu dan sepeda motor dapat bergerak dengan stabil.
  4. Disarankan berat muatan tidak melebihi beban maksimal yang diperbolehkan (Buku Pedoman Pemilik). Beban yang terlalu berat akan menggangu keseimbangan sepeda motor baik saat menikung maupun menanjak, ini dikarenakan penempatan barang bisaanya diikat atau dibuatkan wadah yang bisa menggangu keseimbangan.
  5. Jangan bawa barang di depan pengemudi, karena dapat mengganggu pandangan, menyulitkan kontrol kemudi maupun penggunaan rem.
  6. Pastikan lampu sein dan lampu rem belakang tidak tertutup oleh barang bawaan, bila lampu sein dan rem tertutup maka kendaraan dibelakang tidak bisa mendapatkan informasi terkait dengan perubahan arah sepeda motor.

Demikian beberapa tips sederhana cara aman membawa barang saat mudik dengan sepeda motor.

 

baca juga :

Touring Jarak Jauh? Perhatikan 7 Hal Ini Nih
Di Jalan Raya lihat Kecelakaan ? Ini Tindakan Yang Harus Dilakukan !!
Tips Memilih Motor Yang Pas di Bawa Ngabuburit Santai